Selamat datang

Rabu, 15 Februari 2012

Blog Entri Cara Kerja Perangkat Jaringan pada Linux

Blog Entri
Dalam linux setiap NIC (Network Interface Card) digerakkan oleh sebuah Network Driver dan Network Driver bertindak sebagai mekanisme pertukaran paket antara Linux networking Code dengan Physical Wire.
Diagram PC linux dengan 1 ethernet
Pada diagram diatas Linux Networking Code dapat merequest Network Driver untuk mengirim paket ke Physical Wire (paket meninggalkan PC) or Network Driver dapat mengirim paket ke Linux Networking Code (paket masuk ke PC).
Karena dalam Linux, PC difungsikan sebagai Router maka harus dipasang lebih atau sama dengan 2 NIC, untuk menghubungkan dua atau lebih network yang berbeda dalam satu PC.
Diagram PC linux dengan 2 ethernet (router)
Dari gambar diatas berarti paket dapat masuk dari jaringan A melalui NIC 0, Network Driver lalu mengirim paket yang telah diterima ke Linux Networking Code disini Packet tersebut dapat dibuang atau dimasukkan dalam antrian atau diteruskan ke NIC 1 sesuai dengan aturan pada Linux Networking Code, jika paket tersebut diputuskan untuk diteruskan ke NIC 1 maka Linux Networking Code akan mengirim request agar Network Driver NIC 1 mengirim paket tersebut ke jaringan B. Dalam Linux Networking Code dilakukan pengontrolan trafik, paket akan dikasifikasikan terlebih dahulu, saat suatu paket telah diklasifikasikan oleh suatu device (router) maka ada banyak cara paket tersebur ditangani/ diperlakukan.
Beberapa metode yang digunakan untuk mengontrol trafik, diantaranya adalah :
  • Discard Packet, yaitu membuang trafik yang telah melewati batas yang telah ditetapkan.
  • TCP Rate Control, yaitu mengatur transmisi data berdasarkan pengaturan besarnya ukuran window TCP. Sesuai dengan namanya maka metode ini hanya berjalan untuk aplikasi berbasiskan protokol TCP.
  • Queueing, mengklasifikasikan paket, selanjutnya menempatkan paket pada antriannya dan kemudian dilakukan penjadwal pengiriman. Pada metode ini terdapat banyak algoritma yang dapat digunakan untuk mengatur trafik, misalnya prio fifo, RED, pfifo_fast, pfifo - bfifo, SFQ, TBF dll.

Tidak ada komentar: