Selamat datang

Rabu, 15 Februari 2012

Cara Cek Kondisi RAM



Pada artikel sebelumnya saya sudah bahas cara cek kondisi harddisk, nah pada kesempatan kali ini saya akan bahas cara cek kondisi RAM, untuk itu download dulu softwarenya disini: http://www.memtest.org/.(tetapi jika anda bingung karena banyaknya software yang tersedia)
silakan download softwarenya disini Program memtest ini ukurannya kecil cuma 70kb, dan program ini sifatnya bootable, jadi dia berjalan sendiri tanpa windows.
1.    Download softwarenya
2.    Software ini formatnya zip, anda extract dulu jadi ISO, kemudian bakar dengan NERO ataupun aplikasi burning cd lainnya. (lihat pada artikel cek kondisi harddisk cara memburning file iso)
3.    Jalankan Program MEMTEST ini dengan memakainya sebagai booting awal, karena CD ini bootable. Jadi atur BIOSnya agar CD-Room booting pertama kali. (lihat juga di cek harddisk)
4.    Program cek RAM ini akan langsung berjalan otomatis melakukan cek terhadap RAM anda.
5.    Ada 8 test yg akan dijalani oleh RAM anda, anda tinggal menunggu sampai selesai.
6.    Jika RAM bagus maka tidak akan keluar hasil apa-apa di kolom hasil. Berarti menunjukkan bahwa tidak ada bagian RAM yg rusak / cacat.
7.    Jika RAM rusak maka akan keluar hasil dengan warna tulisan merah seperti gambar diatas. Berarti RAM perlu diganti. Kalau nggak diganti bisa menyebabkan bluescreen ataupun komputer sering restart sendiri.

Tidak ada komentar: